Sabtu, 09 April 2016

Tugas Dan Komando Utama TNI-AL

Tugas TNI-AL


Sesuai undang-undang no 34Th 2004 tentang TNI Pasal 9, Maka TNI-AL memiliki beberapa tugas berikut :
1. Melaksanakan tugas TNI Matra Laut di bidang pertahanan.
2. Menegaskan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi n4.asional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah di ratifikasi.
3. Melaksanakan diplomasi Angkatan Laut dalam rangka mendukung kebijakan polotik luat negeri yang ditetapkan oleh pemerintah.
4. Melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra laut.
5. Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Komando Utama TNI-AL


Beberapa komando utama TNI-AL adalah sebagai berikut :

1. Komando Armada Barat

Komando Armada RI Kawasan Barat, atau yang disingkat KOARMABAR , merupakan salah satu komando utama TNI-AL komando ini bermarkas besar di jalan Gunung Sahari Jakarta pusat, Sedangkan pangklannya berada di Tanjung Priok, Jakarta









2. Komando Armada Timur

Komando Armada RI Kawasan Timur atau disingkat KOARMATIM termasuk salah satu komando utama TNI-AL, komando ini bermarkas besar Surabaya Jawa Timur.









3. Komando Lintas Laut Militer

Komando Lintas Laut Militer, atau yang bisa di singkat KOLINLAMIL, merupakan salah satu Komando TNI-AL. Komando ini bermarkas besar, Jakarta Utara.
KOLINLAMIL merupakan Komando Utama (KOTAMA) pembinaan dan operasional. dalam bidang pembinaan. KOLINLAMIL berkedudukan langsung di bawah kasal sementara itu, Dalam bidang operasional, ini berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI



4. KORPS Marinir

KORPS Marinir Republik Indonesia merupakan kekuatan pemukul dan pendarat TNI-AL. secara garis besar KORPS Marinir bertugas merebut berkedudukan pantai musuh, mengamankan objek vital TNI-AL, dan melaksanakan tugas tugas pertahanan lainnya.






5. Komando Pengembangan Dan Pendidikan Angkatan Laut

Komando Pengembangan Dan Pendidikan Angkatan Laut, atau disingkat KOBANGDIKAL, Termaksud salah satu komando utama di jajaran TNI-AL. Sejak 12 Mei 2007, komando pendidikan angkatan laut (KODIKAL) berubah nama menjadi Komando Pengembangan Dan Pendidikan Angkatan Laut (KOBANGDIKAL)




6. Akademi Angkatan Laut (AAL)

Akademi Angkatan Laut (AAL) atau bisa disebut Kadet adalah sekolah pendidikan TNI-AL di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia yang bertugas mencetak perwira TNI-AL secara organisasi, AAL berada di dalam struktur organisasi TNI-AL, yang dipimpin oleh seorang Gubernur Akademi Angkatan Laut.




7. Sekolah Staf Dan Komando Angkatan Laut

Sekolah Staf Dan Komando Angkatan Laut, atau biasa yang disebut SESKOAL, adalah Lembaga Pendidikan Pengembangan Umum tertinggi di lingkunagan TNI-AL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar